Lembah Harau, Destinasi Wisata Alam Terindah Di Sumatera Barat

Lembah Harau – Sebagian dari anda mungkin hanya mengenal Bukittinggi dan Padang sebagai destinasi wisata di Sumatera Barat. Atau Pulau Sikuai yang terkenal beberapa tahun belakangan ini berkat keindahan laut dan alam sekitarnya.

Ternyata selain beberapa destinasi itu, Sumatera Barat masih punya banyak tempat wisata yang sangat layak untuk dikunjungi lho. Salah satunya Lembah Harau yang berada di Kabupaten Lima Puluh Kota, sekitar 18 km dari kota Payakumbuh. Lembah Harau menjadi terkenal di kalangan wisatawan karena menyuguhkan panoramanya yang menawan.

WISATA ALAM TERINDAH DI SUMATERA BARAT

Lembah Harau sendiri ini sebenarnya adalah cagar alam yang memiliki luas 669 hektar. Lembah yang subur ini terletak tepat di antara dua tebing batuan pasir yang tingginya bisa mencapai 100 meter dan membentang hingga beberapa kilometer jauhnya.

Sepanjang kawasan lembah, anda akan melihat indahnya pemandangan hijau yang menyejukkan mata, mulai dari bentangan sawah yang hiaju, tebing-tebing batu granit serta sejumlah air terjun yang melekat di wilayah Lembah Harau.

Nama Lembah Harau Payakumbuh ini pun semakin menambah panjang daftar tempat wisata unggulan yang ada di kota Padang dan sekitarnya. Tak heran kalau wisatawan dan traveler yang berlibue ke Ranah Minang kesulitan dalam menyusun itinerary. Hal ini terjadi karena memang terlalu banyak tempat indah yang bisa dijumpai di Sumatera Barat yang memang menjadi potensi wisatanya.

Lembah Harau juga terkenal karena memiliki topografi yang sangat unik dan menarik yang merupakan bagian dari Cagar Alam Harau. Indahnya pesona alam Lembah Harau Payakumbuh pun ternyata sudah dikenal sejak dulu, nama lembah harau ini dulunya bukan Harau melainkan Arau.

DISUKAI OLEH KALANGAN WISATAWAN MANCANEGARA

Tidak hanya wisatawan lokal yang kagum akan keindahan alamnya, ternyata wisatawan luar seperti orang-orang Belanda pun menyukai pemandangan di sini. Buktinya merupakan keberadaan sebuah prasasti yang berada di sekitar air terjun Sarasah Bunta di Lembah Harau.

Prasasti ini menandakan kalau tempat ini diresmikan oleh Belanda pada tanggal 14 Agutus 1926 dan lembah ini disebut dengan nama Hemel Arau oleh orang – orang belanda yang saat ini disingkat menjadi Harau.

Para wisatawan dan traveler yang datang ke tempat ini juga bisa melakukan aktivitas trekking berkeliling lembah. Untuk melakukannya, wisatawan bisa menggunakan jasa pemandu wisata agar tidak tersesat nantinya. Untuk itu disediakan paket trekksing yang biayanya dipatok mulai dari 100 hingga 200 ribu rupiah untuk satu hari

Keindahan lainnya yang bisa anda saksikan di Lembah Harau Payakumbuh adalah keberadaan air terjun. Di sini bukan hanya ada satu air terjun yang disebut dengan sarasah oleh orang Minang. Air terjun yang ada dikawasan ini antara lain adalah Air Terjun Sarasa Murai, Air Terjun Akar Berayun, Air Terjun Sarasa Bunta dan Air Terjun Sarasa Luluih. Dari masing-masing air terjun memiliki ciri khas serta keunikan tersendiri.

PERJALANAN KE LEMBAH HARAU

Lembah yang saat ini menjadi salah satu destinasi wisata populer di sumatera barat adalah bagian dari wilayah administratif Kecamatan Harau di Kabupaten Lima Puluh Kota. Kota Payakumbuh memiliki lokasi yang dekat dari tempat ini, yang jaraknya kurang lebih 18 kilometer.

Selain payakumbuh, kota lain yang jaraknya cukup dekat dari Lembah Harau Payakumbuh adalah kota Bukittinggi dan Padang. Untuk melakukan perjalanan dari Bukittinggi menuju ke Lembah Harau kurang lebih sekitar 48 kilometer. Disamping itu jika anda berangkat dari kota Padang menuju ke sana, jarak yang harus ditempuh kurang lebih adalah 138 kilometer.

Lembah Harau menyimpan iklim tropis dan tanah yang subur, terdapat juga keindahan pemandangan alam yang menawan. Lembah ini disebut sebagai Lembah Yosemite di Indonesia karena mempunyai keindahan yang sama seperti Taman Nasional Yosemite yang terletak di Sierra Nevada California yang memang terkenal di seluruh dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *