Merasakan Keindahan Alam Dan Sejuknya Mandi Di Air Terjun Bayang Sani

Air Terjun Bayang Sani – Di Sumatera Barat, tepatnya di pesisir selatan terdapat air terjun yang kabarnya dulu pada saat zaman penjajahan, air terjun tersebut adalah tempat mandinta para noni belanda.

Air Terjun Bayang Sani adalah salah satu wisata yang wajib dijelajah ketika berkunjung ke Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat. Air terjun ini sangat populer dan menjadi salah satu ikon wisata dari Kabupaten Pesisir Selatan.

AIR TERJUN BAYANG SANI

Air terjun ini berada sekitar 6 km dari Puncak Bukit Bendera atau 3 km sebelum menuju Jembatan Akar. Lokasi Air Terjun Bayang Sani tepatnya berada di Nagari Kota Baru, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan.

Dalam perjalanan akan terlihat hamparan sawah dan perbukitan menjadi pemandangan yang akan mengisi perjalanan . Semakin masuk ke dalam maka semakin hijau daerahnya, Untuk sampai ke air terjun ini tanda yang akan ditemui dapat dilihat dari papan namanya.

Tarif parkir untuk motor Rp 2.000, mobil Rp 5.000 dan bus mini Rp 10.000. Air Terjun Bayang Sani mempunyai 7 tingkatan, tetapi hanya sampai tingkatan ketiga yang dapat dikunjungi oleh wisatawan. Diatas itu membutuhkan waktu yang cukup lama dan jarang dijamah oleh para wisatawan.

Biasanya , wisatawan hanya datang ke air terjun tingkat pertama karena tidak membutuhkan waktu yang lama. Untuk sampai air terjun tingkat kedua terletak sekitar 400 m di atas air terjun tingkat pertama yang memiiliki ketinggian sekitar 25 m.

Untuk air terjun tingkat pertama mempunyai sejarah yang menarik, konon pada masa penjajahan Belanda, air terjun ini selalu menjadi tempat mandi noni-noni dan mener-mener Belanda.

Objek wisata yang satu ini dulunya diberi nama Wellcome, karena ketika memasukinya anda akan disambut oleh keindahan alam yang menakjubkan sehingga merasa nyaman ketika mandi di sana.

GEMERCIK AIR TERJUN YANG MENGGODA

Penduduk setempat menyebut nama air terjun ini dari kata Wellcome yang melesap dengan tutur lisan sehari-hari menjadi Walikum. Disisi lain ada juga yang menyebut air terjun ini hingga sebagai Sarasah Ikua Kudo atau Air Terjun Ekor Kuda karena memiliki bentuk yang mirip ekor kuda.

Sesampainya di air terjun tingkat pertama ini, rasanya ingin segera melapaskan pakaian untuk segera terjun dan dan bermain air sebab aliran airnya begitu jernih dan deras sekali. jika kurang puas anda bisa pergi kebawah melintasi aliran sungai dan bebatuan untuk menuju air terjunya agar lebih dekat lagi, butiran-butiran air yang melayang-layang di udara begitu terasa segar dan menyejukkan.

Dibagian bawah air terjun terdapat lubuak (kolam) yang dimanfaatkan para wisatawan untuk bermain air, berenang dan berendam. Jika tidak bisa berenang, wisatawan bisa menyewa ban yang telah disediakan oleh masyarakat sekitar.

Tak heran kalau Air Terjun Bayang Sani ini termasuk katagori air terjun terbesar di Sumatra Barat. sangat disayangkan jika anda melewatkan momen foto – foto dengan keindahan yang disuguhkan oleh air terjun ini.

Setelah puas menikmati keindahan goyangan aliran air di Air Terjun Bayang Sani dan merasa lapar, adna bisa singgah ke pondok yang menjual makanan dan minuman di tepi air terjun ini.

FASILITAS DI AIR TERJUN BAYANG SANI

Untuk fasilitas yagada di tempat ini bisa dibilang sudah memadai, hanya saja perlu dilakukan peremajaan dan pembenahan . suda ahda toilet dan ruang ganti ada di dekat kawasan air terjun, terdapat juga mushola.

Begitu juga apabila perut merasa lapar, wisatawana tidak perlu panik karena sudah ada kedai yang menjual makanan dan minuman ringan di sekitar.

Kawasan alam Air Terjun Bayang Sani ini masih asri dan dirimbuni oleh pepohonan. Terdapat banyak berkeliaran kupu-kupu dan monyet – monyet yang ada di sekitarnya.
Kesegaran dan kesejukan air terjun mampu menggoda wisatawan untuk berlama-lama bermain air.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *