Pesona Pulau Mentawai, Merasakan Spot Surfing Terbaik Di Dunia

Pulau Mentawai – Kepulauan Mentawai adalah salah satu bagian dari provinsi Sumatera Barat dan sudah ditetapkan menjadi sebuah kabupaten sejak tahun 1999 sampai sekarang ini. sebuah pulau yang samudera di tengah Samudera itu dikelilingi dengan perairan yang super indah yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat wisata bahari.

KEBERADAAN PULAU MENTAWAI

Kepulauan mentawai ini terbentuk dari rangkaian beberapa pulau kecil non-vulkanik yang gugusan kepulauannya merupakan sebuah puncak dari pegunungan bawah laut. Kepulauan Mentawai sendiri dari beberapa pulau yaitu dari Pulau Sipora, Pulau Siberut, Pulau Pagai Selatan dan Pulau Pagai Utara. Beberapa pulau ini terletak di lepas pantai Sumatera Barat yang memanjang dan juga dikelilingi Samudera Hindia.

Pulau tebesar di Kepulauan Mentawai adalah Pulau Siberut dan pulau ini adalah satu-satunya pulau yang memiliki jalur pelayaran reguler dari kota Padang, Sumatera Barat. Pusat pemerintahan kabupaten Kepulauan Mentawai terdapat di sebelah utara Pulau Sipora, tepatnya di Tuapejat.

SPOT SURFING TERBAIK

Salah satu wisata bahari yang favorit dan menjadi andalan para wisatawan saat berkunjung ke pulau ini adalah berselancar. ombak yang ada di pulau menatawai ini sangat mendukung para wisatawan dalam melakukan aksinya.

Berselancar merupakan aktifitas yang sudah lama menjadi menjadi ikon wisata kepulauan ini, bahkan pulau ini sudah sangat sering mengadakan turnamen surfing nasional maupun internasional. terdapat banyak sekali titik surfing yang ada di pulau Mentawai.

Jumlahnya sendiri diperkirakan ada sebanyak 400 titik surfing. Pulau ini juga memiliki ombak yang beragam dan sangat menantang, sehingga menjadi salah satu lokasi yang wajib dikunjungi oleh para surfer profesional dari berbagai mancanegara.

Dikutip dari para surer yang sudah pro, pulau menatawai merupakan tempat terbaik dan sangat cocok untuk mengisi kebutuhan bagi mereka pencari tantangan dan keindahan alam. Pantai yang ada di pulau omo menawarkan gelombang tertinggi di dunia, 3 sampai 4 meter, yang akan menantang andrenalin.

Buka seorang surfer namanya jika belum pernah ataupun belum mencoba surfing di kepulauan ini, itulah yang dikatakan kebanyakan para surfer untuk mengulas pengalaman mereka saat melakukan surfing di Mentawai.

MENYAKSIKAN KEINDAHAN SEKITAR MENTAWAI

Disamping melakukan aktifitas surfing, pulau Mentawai juga menyediakan aktifitas trekking dengan menempuh jalur yang memasuki pedalaman hutan tropis yang masih sangat terjaga keasriannya. Sambil melihat secara langsung kehidupan masyarakat setempat yang hidup dengan cara tradisional. Karena pulau ini bisa dibilang sebuah daerah yang belum terjamah banyak oleh modernisasi.

Selanjutnta kamu akan disuguhkan dengan nuansa peradaban kuno, yaitu zaman neolitikum dimana suku-suku yang tinggal di kepulauan ini sama sekali belum mengenal cara bercocok tanam, pekerjaan logam dan juga menenun sebuah kain. Jadi, disini Kamu akan melihat dan menilai perbedaan yang cukup besar antara masyarakat yang tinggal di
kepulauan ini dengan masyarakat yang tinggal di Sumatera Barat lainnya yang kebanyakan sudah hidup modern.

Semua pantai yang ada di kepulauan menatawai memiliki pasir putih lembut serta terumbu karang yang cantik. Dengan mudah kamu dapat menemukan terumbu karang cantik di
sepanjang pantai timur dan selatan. Kepuasan liburanmu akan ditambah dengan langsung menyelam dan berenang menikmati keindahan laut Kepulauan Mentawai ini


Terdapat kawasan konservasi perairan di kepulauan ini. Kawasan konservasi itulah yang dikenal dengan Taman Wisata Perairan Selat Bunga Laut dan Sekitarnya. Kawasan ini sama sekali tidak dikelola satu badan pemerintah. Maka dari itu masyarakat setempatlah yang mengelola nya secara mandiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *